Selamat bergabung, fasilitator Kabupaten project AMAHUTA PAPUA – Kerjasama FOKER LSM PAPUA dan Samdhana Institute

Orientasi fasilitator Kabupaten proyek AMAHUTA Papua di kantor FOKER LSM PAPUA, Jayapura. 15-19 Agustus 2023. (SAMDHANA/Andi Saragih)

Oleh Andi Saragih

Selama 4 hari terhitung mulai 15 Agustus sampai 19 Agustus 2023, 6 orang Fasilitator Kabupaten terpilih menerima orientasi awal tentang FOKER LSM PAPUA dan Proyek AMAHUTA Papua yang dijalankan oleh FOKER LSM PAPUA dan Samdhana Institute dengan pendanaan dari International Land Tenure Facility. Orientasi juga diarahkan pada pendalaman peranan serta fungsi mereka di dalam proyek ini. Materi dan asupan informasi berkaitan dengan sejarah FOKER LSM Papua, dan Komunikasi Organisasi juga diberikan sebagai bekal awal keterlibatan mereka.

AMAHUTA Papua (Amankan Hak Masyarakat Adat, Hutan dan Tanah Adat di Papua) merupakan proyek berdurasi 5 tahunyang bertujuan mendukung upaya-upaya pengakuan dan perlindungan hak dan asset masyarakat adat, termasuk didalamnyatanah, hutan adat, dan nilai adat milik Masyarakat adat di 6 Kabupaten di Tanah Papua. 6 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Jayawijaya di Provinsi Papua Pegunungan, Kabupaten Tambrauw di Provinsi Papua Barat Daya, Kabupaten Teluk Bintuni di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Sorong di Provinsi Papua Barat Daya, Kabupaten Sarmi di Provinsi Papua, dan Kabupaten Merauke di Provinsi Papua Selatan.

Sumber : Foker LSM Papua, 2023

Proyek ini menempatkan Masyarakat adat sebagai penerima manfaat utama.  Proyek akan dijalankan oleh FOKER LSM Papua dalam kolaborasi dengan mitra dan partisipan FOKER yang telah memperjuangkan hak masyarakat adat dan wilayah adatnya, dengan  pendampingan Samdhana Isntitute dan dukungan mitra-mitra strategis lainnya seperti WRI, BRWA, SEKALA dan AMAN.

Dalam memastikan kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan program, maka direkrut Fasilitator Kabupaten (FASKAB) secara terbuka yang dilakukan oleh FOKER LSM Papua. Perekrutan telah dilakukan sejak 28 April 2023, dan telah diwawancara kandidat-kandidat dari setiap kabupaten sehingga terpilih 1 orang dari setiap kabupaten pada 27 Juli 2023. Adapun para fasilitator kabupaten dimaksud adalah Penias Itlay (Faskab Jayawijaya) Luis Kumap (Faskab Tambrauw), Vebelina Turot (Faskab Bintuni), Sopia Thesia (Faskab Sorong), Feldy Korwa (Faskab Sarmi) dan Anton Kundumaya (Faskab Merauke).

Di dalam foto, Bapak Abner Mansai, Sekretaris General dari Sekretariat FOKER LSM Papua, 
di tengah antara 6 Fasilitator Kabupaten (memakai kaus abu-abu dengan cantolan kacamata). (SAMDHANA/Andi Saragih)

Kami menyambut dengan semangat kepada 6 Fasilitator Kabupaten. Welcome aboard! 

Cerita Lainnya